Kamis, 10 Juli 2014

Langkah Langkah Dasar Latihan Ketrampilan Mental

2.4 Langkah- langkah dasar dalam melaksanakan latihan keterampilan mental
Apabila telah ada keyakinan bahwa faktor mental dan psikologis memerlukan latihan khusus, maka pertanyaan berikutnya adalah apakah program latihan yang diberikan tersebut bertujuan memenangkan suatu pertandingan, ataukah untuk mengembangkan kepribadian atletmenjadi lebih baik.
Orientasi mengenai latihan keterampilan mental
Atlet perlu di jelaskan mengenai program latihan keseluruhan yang akan di berikan kepadanya, terutama penjelasan mengenai konsep-konsep dasar program latihan. Dalam menjelaskan program tersebut,perlu di yakinkan bahwa program latihan tersebut memang bermanfaat. Misalnya melalui pemberian contoh penampilan atlet yang berhasil karena memiliki keterampilan mental.
Pada orientasi pertama ini, juga perlu di jelaskan bahwa program latihan mental juga harus dilakukan dengan cara sistematis. Artinya, latihan tersebut merupakan suatu proses yang bertahap dan di lakukan dengan penuh kesadaran, kemantapan, serta keyakinan diri bahwa hasilnya akan mempengaruhi keterampilan.
Pelaksanaan latihan keterampilan mental
Isi dari keterampilan mental sangat bervariasi, tergantung dari berbagai segi, baik dari jenis olahraga maupun dari kualitas pertandingan yang akan di hadapi. Pelatih psikologi olahraga dapat menyusun program latihan keterampilan mental yang disesuaikan dengan hal-hal tersebut.
Pada awal latihan, dilakukan konseling pribadi. Konseling pribadi merupakan pertemuan yang di lakukan secara pribadiantara atlet dan psikolog olahraga atau pelatihnya dalam suasana yang baik.
Latihan keterampilan mental juga di maksudkan untuk menanggani masalah psikis dan stres, meningkatkan daya konsentrasi,serta menentukan sasaran efektif yang perlu di perhatikan dalam praktek dan pertandingan.
Latihan keterampilan mental juga di lakukan untuk melatih perhatian dan konsentrasi dalam mengikuti latihan drilling, latihan drilling adalah latihan ketika atlet harus memukul bola, misalnya pada tenis meja atau kok pada bulu tangkissecara terus-menerus pada satu  seri, dan atlet harus memusatkan perhatian dan konsentrasi untuk mengembalikan bola dan kok tersebut. Pemantauan keberhasilan seorang atlet dalam metode drilling tersebut sangat penting di lakukan n, karena dapat berfungsi sebagai umpan balik.
Latihan keterampilan mental sangat membutuhkan waktu yang lama. Contohnya adalah latihan simulasi pertandingan atau menciptakan suasana pertandingan sungguhan di  dalam situasi latihan. Jika latihan simulasi pertandingan menunjukan keberhasilan yang baik, maka simulasi latihan dapat semacam acuan atau pegangan dalam pertandingan yang sesungguhnya.
Dilihat dari sudut kualitas latihan, sekalipun utamanya adalah melakukan latihan ketermpilan mental, namun pada hakikatnya juga terjadi latihan fisik. Apabila urutan-urutan rangkaian gerakan oleh pelatih ternyata tidak di setujui oleh atlet, tetap terbuka kesempatan untuk berdiskusi lagi agar terjadi kesepakatan bersama.
Juga termasuk dalam latihan keterampilan mental adalah latihan memtukan sasaran(goal-setting). Penentuan sasaran yang tidak realistis menurut pelatih psikolog olahraga, dapat
Di ubah dalam bentuk pendekatan-pendekatan pribadi dalam suasana konseling yang bersifat rahasia. Penentuan sasaran yang tidak realities karena terlalu mudah, tentunya berkaitan dengan kualitas pribadi atlet sebagai seorang yang segan atau tidak brani mengambil resiko untuk mengalami kegagalan. Meskipun demikian keadaan ini juga dapat berdampak negative karena berhubungan erat dengan tingginya gugahan emosi. Akibatnya atlet akan lebih mudah jatu kedalam geguncangan emosi sesuai dengan  U terbalik sehigga prestasinya menjadi kurang baik.
Dalam upaya memberikan latihan kepada atlet dalam suasana seperti itu kecermatan pelatih untuk menyusun program latihan yang tepat sangat diperlukan. Program latihan utamanya memerlukan perhatian terhadap kualitas dan cirri pribadi atlet yang bersangkutan. Dengan demikia, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah dasar dalam memulai latihan keterampilan mental adalah sebagai berikut:
1.      Orientasi awal
2.      Evaluasi awal dari atlet
3.      Sesi kelompok untuk mempelajari keterampilan-keterampilan dasar
4.      Konseling pribadi atau individual
5.      Penerapan latihan keterampilan mental pada latihan dan strategi permainan
6.      Pemantauan kemajuan
7.      Evaluasi pada akhir musim pertandingan


            

2 komentar:

  1. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  2. Bandar Judi Semua permainan yang terbaik dan terbesar di Indonesia,

    NEW PROMO (Tangkas Sportsbook & Sabung Ayam)
    ♣ Bonus New Member sebesar 10%
    ♣ Bonus Setiap Hari 5%
    ♣ Bonus referral 10%

    Transaksi bisa dilakukan melalui :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    BalasHapus