Selasa, 03 November 2015

permaian tradisional pris-pris mong



Permainan prispris mong
RIWAYAT
            Riwayat dari permainan Pris-Prismong tidak di ketahui dengan pasti oleh masyarakat . Mungkin permainan ini timbul untuk mengisi waktu luuang .Sambil mekatih ketajaman pengindraan untuk menebak seseorang yang berada di belakangnya . 
 PEMAIN

            Permainan ini memerluka banyak pemain . Paling sedikit 5 orang . Pemain dapat terdiri atas laki-laki wanita saja ,tetapi dapat pula terdiri atas laki-laki di gabung dengan wanita . Dapat dilakukan atau dimainkan kapan saja di kehendaki ,siang maupun malam hari
SARANA DAN PRASARANA
1.      Peralatan
Peralatan yang di perlukan hanyalah sebuah sapu tangan atau selembar kain yang agak lebar atau menutup mata salah seorang pemain . Yang paling baik adalah kain agak tebal , tidak tembus pandang . Bila tidak ada kain tipis dapat dipergunakan , tetapi dengan melipat beberapa kali sehingga tidak tembus pandang . Warna kain sebaiknya yang agak gelap , seperti hitam ,coklat tua ,merah tua ,dan sejenisnya .
2.      Lapangan
Diperlukan sebuah lapangan yang agak luas . Ukuran minimal 2x2  meter ,sehingga pemain mudah bergerak melingkar . Makin banyak pemain makin luas lapangan yang di perlukan .
3.      Pakaian
Para pemain bebas dalam memakai pakainnya . Apa yang biasa di pakai sebagai pakaian sehari-hari itulah dipergunakan pada waktu bermain Pris-Prismong ini.

PELAKSANAA
 Cara Bermain
1.      Undian
Undian dilakukan untuk menentukan salah seseorang dari mereka menjadi prismong, yakni pemain yang berdiri di tengah lingkaran dengan mata tertutup. Cara mengundi dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung kesepakatan diantara pemain.
2.      Permainan
Salah seorang diantara pemain yang kalah undian, bertindak sebagai prismong. Dia berdiri di tengah lingkaran pemain yang lain, dengan mata ditutup dengan kain tebal.
Pemain yang lain berdiri melingkari temanya yang tertutup matanya, sambil menyanyi. Pada waktu menyanyi mereka bergerak melingkar mengelilingi prismon. Nyanyian dapat dilakukan 2-3 kali. Persis pada akhir bait nyayian semua pemain harus berhenti dari gerakan melingkarnya.pemain yang berdiri percis dibelakan pemain yang tertutup matanya pada akhir nyayian, harus mengacungkan tangannya kedepan dan telapak tangan tengadah. Si prismong, yakni pemain yang berada di tengah-tengah lingkaran yang matanya tertutup, menebak siapa pemain yang berada di belakangnya yang menengadahkan tangannya.
Jika tebakannya tepat, maka pemain yang ditebak tersebut menggantikan menjadi prismong. Tetapi jika tidak dapat menyebutkan atau menebak nama pemain yang berada persis di belakannya maka dia tetap menjadi prismong. Dan permainan dimulai lagi seperti semula. Dia berhenti menjadi prismong setelah berhasil menebak pemain yang berada di belakangnya yang menengadahkan tanganny. Pada waktu menyanyi, dapat pula sambil bertepuk tangan.
3.      Juri
Biasanya tidak di perlukan seorang juri dalam permainan ini. Diperlukan kejujuran masing-masing pemain. Yang perlu diperhatikan disini adalah kerapatan menutup mata si prismong. Jika longgar dan dia dapat melirik ke luar, maka keadaan ini dianggap curang. Perlu diperbaiki lagi cara menutup mata si prismong.


UNSUR-UNSUR KESEGARAN JASMANI
Pada permainan ini tidak banyak tampak adanya kesegaran jasmani yang dipergunakan. Permainan ini lebih bersifat rekreasi dibandingkan dengan olahraga prestasi. Kegembiraan saat menyanyi berkeliling mengelilingi prismong dan ketika menebak siapa pemain di belakangnya, merupakan penyegaran rohani yang amat bagi pemain yang banyak dipergunakan kemampuan fisiknya. Jalan aerobik bila permainan ini dilakukan dalam jangka waktu lama akan meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dari pemain. Jika pemain berlari pada waktu melingkari prismong, maka unsur kecepatan dan kecekatan akan terdapat dalam dirinya.
CEDERA            
            Pada permainan prismong ini kemungkinan cedera pemain sangatlah kecil sekali, karena gerakannya hanya berjalan melingkari si prismong sambil menyanyi dan bertepuk tangan.
OLAHRAGA PRESTASI
Olahraga ini tidak mungkin diangkat sebagai olahraga prestasi. Tetapi dapat dipergunakan sebagai latihan meningkatkan kegembiraan pemain olahraga prestasi.
LAGU PRIS-PRISMONG
            Ada 2 macam lagu yang dapat dinyanyikan oleh pemain pris-prismong ini. Lagu ini dapat dinyanyikan berapa kali tergantung situasi dan kondisi pada waktu permainan berlangsung. Pilih salah satu untuk dinyanyikan.
1.      Umbul-umbul kuali gadung
Kuali gadung
Don sembung don suladri
Embok hilang
Mbok gelgel
Okanira umbul-umbul
Si gemblung si gemblung
Nyen durine
Tut dauh mungkuk
Kebatang limane aneh

2.      Ceroring manggis
belahan batun cawan
si gemblang si gemblung
nyen durine
kebatang limane aneh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar