Selasa, 04 Agustus 2015

tes kecabangan atletik




 
2.1 Petunjuk Pelaksanaan Tes  
    1. Lari 30 / 60 Meter
        a. Tujuan
            Tes ini bertujuan untuk mengukur kecepatan
        b. Alat dan Fasilitas
            1) Lintasan lurus, rata, tidak licin, mempunyai lintasan lanjutan, berjarak 50 / 60 meter
   
         2) Bendera start
            3) Peluit
            4) Tiang pancang
            5) Stop watch
            6) Serbuk kapur
            7) Formulir TKJI
            8) Alat tulis
        c. Petugas Tes
            1) Petugas pemberangkatan
            2) Pengukur waktu merangkap pencatat hasil tes

        d. Pelaksanaan
            1) Sikap permulaaan
                Peserta berdiri dibelakang garis start
            2) Gerakan
a) pada aba-aba “SIAP” peserta mengambil sikap start berdiri, siap untuk lari
                b) pada aba- aba “YA” peserta lari secepat mungkin menuju garis finish
            3) Lari masih bisa diulang apabila peserta :
                a) mencuri start
                b) tidak melewati garis finish
                c) terganggu oleh pelari lainnya
                d) jatuh / terpeleset
            4) Pengukuran waktu
Pengukuran waktu dilakukan dari saat bendera start diangkat sampai pelari melintasi garis Finish
            5) Pencatat hasil
                1) hasil yang dicatat adalah waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 30 / 60 meter dalam satuan detik
2) waktu dicatat satu angka dibelakang koma

2. Standing Broad jump
Tujuan             : Mengukur komponen power otot tungkai.
Alat/ fasilitas   : pita ukuran, bak pasir/ matras, bendera juri
Pelaksanaan     :  Orang coba berdiri pada papan tolak dengan lutu ditekuk sampai membentuk sudut + 45º kedua lengan lurus kebelakang kemudian orang coba menolak kedepan dengan kedua kaki. Orang coba diberi kesempatan 3 kali percobaan.
Skor:  Jarak lompatan terbaik yang diukur mulai dalam papan tolak sampai batas tumpuan kaki/ badan yang terdekat dengan papan tolak dari 3 kali percobaan.

3. Triple Jump
Tujuan             : Mengukur komponen power otot tungkai
Alat/fasilitas    : meteran.
Pelaksanaan     : testee berdiri pada garis yang telah ditentukan, kemudian melakukan lompatan 3 kali atau 3 langkah dengan satu kaki tanpa mengunakan awalan. Testee diberikan kesempatan 2 kali mencoba pada masing-masing lompatan (kanan dan kiri). Hasil terbaik yang akan digunakan.


2.2 Tabel Nilai

Lari 60 meter (putra)

Nilai
Lari
60 meter
5
S.d – 7,2”
4
7.3” – 8,3”
3
8,4” – 9,6”
2
9,7” – 11,0”
1
11,1” dst

Lari 60 meter (putra)

Nilai
Lari
60 meter
5
S.d – 8,4”
4
8,5” – 9,8”
3
9,9” – 11.4”
2
11,5” – 13,4”
1
13,5” dst

Tes Standing Broard Jump
Putri
Status
Putra
>2,10 m
Sangat baik
> 2,25 m
2,101,90 m
Baik
2,25 – 2,14 m
1,901,80 m
Cukup
2,14 – 2,03 m
1,80– 1,51 m
Kurang
2,03 – 1,70 m
< 1,51m
Sangat kurang
<

Tes StandingTriple Jump (KanandanKiri)
Norma pengukuran Tes standing triple jump putra
Kiri
Satuan
Kanan
>9,34m
8,18 – 9,34m
8,18 – 7,60m
7,60 – 5,87m
<5,87m
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang
>9,40m
8,23 – 9,40m
8,23 – 7,65m
7,65 – 5,90m
<5,90m

Norma pengukuran Tes standing triple jump putri
Kiri
Satuan
Kanan
>8,05m
8,05 – 7,16m
7,16 – 6,71m
6,71 – 5,37m
<5,37m
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang
>8,09m
8,09 – 7,18m
7,18 – 6,73m
6,73 – 5,36m
<5,36m


2.3 NORMA TES
Hasil setiap butir tes yang telah dicapai oleh peserta dapat disebut sebagai hasil kasar. Mengapa disebut hasil kasar ? Hal ini disebabkan satuan ukuran yang digunakan untuk masing-masing butir tes berbeda, yang meliputi satuan waktu, ulangan gerak, dan ukuran tinggi.
Untuk mendapatkan hasil akhir, maka perlu diganti dalam satuan yang sama yaitu NILAI. Setelah hasil kasar setiap tes diubah menjadi satuan nilai, maka dilanjutkan dengan menjumlahkan nilai-nilai dari kelima butir TKJI. Hasil penjumlahan tersebut digunakan untuk dasar penentuan klasifikasi kesegaran jasmani remaja.

(Untuk Putera dan puteri)
No
Jumlah nilai
Klasifikasi Kesegaran Jasmani
1.
22 – 25
Baik sekali          ( BS )
2.
18 – 21
Baik                    ( B )
3.
14 – 17
Sedang                ( S )
4.
10 – 13
Kurang                ( K )
5.
5 – 9
Kurang sekali        ( KS )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar