2.1 Petunjuk Pelaksanaan Tes
1.
Lari 30 / 60 Meter
a.
Tujuan
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kecepatan
b.
Alat dan Fasilitas
1)
Lintasan lurus, rata, tidak licin, mempunyai lintasan lanjutan, berjarak 50 /
60 meter
3)
Peluit
4)
Tiang pancang
5)
Stop watch
6)
Serbuk kapur
7)
Formulir TKJI
8)
Alat tulis
c.
Petugas Tes
1)
Petugas pemberangkatan
2)
Pengukur waktu merangkap pencatat hasil tes
d.
Pelaksanaan
1)
Sikap permulaaan
Peserta
berdiri dibelakang garis start
2)
Gerakan
a) pada aba-aba
“SIAP” peserta mengambil sikap start berdiri, siap untuk lari
b)
pada aba- aba “YA” peserta lari secepat mungkin menuju garis finish
3)
Lari masih bisa diulang apabila peserta :
a)
mencuri start
b)
tidak melewati garis finish
c)
terganggu oleh pelari lainnya
d)
jatuh / terpeleset
4)
Pengukuran waktu
Pengukuran waktu
dilakukan dari saat bendera start diangkat sampai pelari melintasi garis Finish
5)
Pencatat hasil
1) hasil yang
dicatat adalah waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 30 / 60
meter dalam satuan detik
2) waktu dicatat satu angka dibelakang koma
2. Standing Broad
jump
Tujuan
: Mengukur komponen power otot tungkai.
Alat/
fasilitas : pita ukuran, bak pasir/ matras, bendera juri
Pelaksanaan
: Orang coba berdiri pada papan tolak dengan lutu ditekuk sampai
membentuk sudut + 45º kedua lengan lurus kebelakang kemudian orang coba
menolak kedepan dengan kedua kaki. Orang coba diberi kesempatan 3 kali
percobaan.
Skor: Jarak lompatan terbaik yang diukur mulai
dalam papan tolak sampai batas tumpuan kaki/ badan yang terdekat dengan papan
tolak dari 3 kali percobaan.
3. Triple
Jump
Tujuan : Mengukur komponen power otot
tungkai
Alat/fasilitas : meteran.
Pelaksanaan
: testee berdiri pada garis yang telah
ditentukan, kemudian melakukan lompatan 3 kali atau 3 langkah dengan satu kaki
tanpa mengunakan awalan. Testee diberikan kesempatan 2 kali mencoba pada
masing-masing lompatan (kanan dan kiri). Hasil terbaik yang akan digunakan.
2.2 Tabel Nilai
Lari 60 meter (putra)
Nilai
|
Lari
60 meter
|
5
|
S.d – 7,2”
|
4
|
7.3”
– 8,3”
|
3
|
8,4”
– 9,6”
|
2
|
9,7”
– 11,0”
|
1
|
11,1”
dst
|
Lari 60 meter (putra)
Nilai
|
Lari
60 meter
|
5
|
S.d – 8,4”
|
4
|
8,5”
– 9,8”
|
3
|
9,9”
– 11.4”
|
2
|
11,5”
– 13,4”
|
1
|
13,5”
dst
|
Tes Standing Broard Jump
Putri
|
Status
|
Putra
|
>2,10 m
|
Sangat baik
|
> 2,25 m
|
2,10–1,90 m
|
Baik
|
2,25 – 2,14 m
|
1,90–1,80 m
|
Cukup
|
2,14 – 2,03 m
|
1,80– 1,51 m
|
Kurang
|
2,03 – 1,70 m
|
< 1,51m
|
Sangat kurang
|
<
|
Tes StandingTriple
Jump (KanandanKiri)
Norma pengukuran Tes
standing triple jump putra
Kiri
|
Satuan
|
Kanan
|
>9,34m
8,18 – 9,34m
8,18 – 7,60m
7,60 – 5,87m
<5,87m
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang
|
>9,40m
8,23 – 9,40m
8,23 – 7,65m
7,65 – 5,90m
<5,90m
|
Norma pengukuran Tes standing triple jump putri
Kiri
|
Satuan
|
Kanan
|
>8,05m
8,05 – 7,16m
7,16 – 6,71m
6,71 – 5,37m
<5,37m
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang
|
>8,09m
8,09 – 7,18m
7,18 – 6,73m
6,73 – 5,36m
<5,36m
|
2.3 NORMA TES
Hasil setiap butir tes yang telah
dicapai oleh peserta dapat disebut sebagai hasil kasar. Mengapa disebut hasil
kasar ? Hal ini disebabkan satuan ukuran yang digunakan untuk masing-masing
butir tes berbeda, yang meliputi satuan waktu, ulangan gerak, dan ukuran
tinggi.
Untuk mendapatkan hasil akhir, maka
perlu diganti dalam satuan yang sama yaitu NILAI. Setelah hasil kasar setiap
tes diubah menjadi satuan nilai, maka dilanjutkan dengan menjumlahkan
nilai-nilai dari kelima butir TKJI. Hasil penjumlahan tersebut digunakan untuk
dasar penentuan klasifikasi kesegaran jasmani remaja.
(Untuk Putera dan puteri)
No
|
Jumlah nilai
|
Klasifikasi Kesegaran
Jasmani
|
1.
|
22 –
25
|
Baik sekali ( BS )
|
2.
|
18 –
21
|
Baik ( B )
|
3.
|
14 –
17
|
Sedang ( S )
|
4.
|
10 –
13
|
Kurang
( K )
|
5.
|
5 – 9
|
Kurang sekali (
KS )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar